Pola Hidup Sederhana Cegah Penuaan Dini - Male Indonesia
Pola Hidup Sederhana Cegah Penuaan Dini
MALE ID | Looks

Mencegah proses penuaan pria bisa diatasi. Apalagi kini tuntutan lebih fresh, lebih maskulin menjadi hal paling penting bagi pria. Tetapi apabila pengaturan pola hidup tidak dijaga, keriput pada kulit Anda bisa lebih cepat datang.

Male IndonesiaPhoto by samer daboul from Pexels

Selain pengaturan pola hidup, radikal bebas diketahui juga berkontribusi pada penuaan. Masalahnya, tubuh juga dapat memproduksi sendiri radikal bebas yang berasal dari makanan keseharian. Untungnya, tubuh memiliki antioksidan alami yang berasal dari sistem imunitas.

"Tetapi, ada saatnya tubuh perlu tambahan antioksidan yang bisa didapat dari konsumsi vitamin C," ucap dr Haekal Yassier Anshari M Biomed (AAM), pemilik DH Aesthetic and Anti-Aging Clinic yang berlokasi di Signature Park Apartment ini.

Salah satu cara menghambat penuaan adalah dengan membatasi asupan kalori. Tentu tidak enak jika usia masih di bawah 40 tahun, kulit Anda sudah berkeriput. Mungkin bagi Anda yang berada di kota besar bisa dengan mudah mendapatkan perawatan dari klinik anti aging.

Lalu bagaimana untuk pria yang malu datang ke klinik anti aging? Lebih baik mencegah dari pada terlanjur kemudian. Untuk itu dr Haekal memberikan tips untuk mencegah proses penuaan pria yang bisa dilakukan tanpa harus datang ke klinik anti aging.

Mengatur Pola Makan
Dengan bertambahnya usia, fungsi metabolisme pun akan mulai menurun. Haekal mengatakan, maka sangat perlu untuk mengatur pola makan. "Makanan boleh tetap bervariasi. Namun, harus tetap sesuai dengan porsinya yang disesuaikan dengan aktivitas kita," kata dokter yang kerap membawakan acara kesehatan di staius televisi ini.

Olahraga Angkat Besi
Setelah pengaturan pola makan baik, kata dia, perlu adanya rutinitas olahraga. Minimal 30 menit dalam sehari. Pada pria dianjurkan untuk mengobinasikan dengan olahraga angkat beban. "Karena olahraga ini sangat berfungsi untuk mengoptimalkan hormon pria," tutur pria lulusan Faktultas Kedokteran, Universitas Andalas, Padang ini.

Tidur Cukup
Proses penuaan pria bisa dicegah dengan mengatur jam tidur. Di mana tidur yang baik memiliki durasi waktu enam sampai delapan jam setiap harinya. "Sukur-sukur rutin bisa sampai delapan jam setiap hari," ujar dia.

Mulailah mengatur tidur dimulai pada jam 10 malam. Pasalnya, setelah pukul 10 malam, tubuh memiliki jam khusus untuk melakukan detoktsifikasi yang bisa mencegah penuaan. Maka dari itu, harus menjaga jam tidur. Sebab, waktu tidur tidak bisa diganti dengan tidur siang.

Hindari Rokok dan Alkohol
Pria memang dekat dengan rokok. Haekal mengatakan, lebih baik berhenti merokok daripada mengurangi rokok itu sendiri. Karena rokok tidak memiliki manfaat apapun, bahkan dapat menyebabkan proses penuaan pria lebih cepat. Selain itu, rokok juga akan merusak sejumlah organ tubuh, seperti pembuluh darah.

"Hal itu akan memicu penyakit struk, jantung," kata ahli anti aging ini. "Kemudian batasi alkolohol. Tidak boleh dikonsumsi berlebihan karena menggangu fungsi hati," tambah dia.

Atur Manajemen Stres
Hidup di kota besar memang tidak bisa terhidnari dari stres. Baik stres karena kerjaan, karena lingkungan, karena macet, atau bahkan stres karena hubungan dengan pasangan. "Jadi stres harus di-manage dengan baik. Karena stres akan mengganggu keseimbangan tubuh kita," tutur berkacamata ini.

Akibatnya, tambah dia, akan menyebabkan berbagai penyakit termasuk mempercepat proses penuaan. ** 

SHARE