Cara Ampuh Redakan Pegal-Pegal Habis Olahraga - Male Indonesia
Cara Ampuh Redakan Pegal-Pegal Habis Olahraga
MALE ID | Sport & Hobby

Selama pandemi Covid-19, olahraga menjadi salah satu kegiatan yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat. Tapi seringkali seseorang merasa pegal-pegal usai berolahraga.

Photo by William Choquette from Pexels

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Michael Triangto, Sp.K.O, menjelaskan bahwa gejala pegal-pegal usai berolahraga adalah suatu hal yang wajar dialami seseorang. Terlebih jika orang tersebut memang jarang berolahraga.

“Setiap berolahraga Anda menggunakan energi untuk otot. Sampahnya ini disebut asam laktat dan ini yang menyebabkan pegal-pegal,” tegas dr. Michael, dalam Instagram Live PDSKO.

Dokter Michael mengatakan ada beberapa kemungkinkan yang menyebabkan seseorang merasa pegal-pegal usai berolahraga. Yang pertama karena kemungkinkan orang tersebut jarang berolahraga. Sebab olahraga memang harus dilakukan secara bertahap.

Selain itu jika seseorang berolahraga menggunakan aplikasi, maka kemungkinan besar aplikasi tersebut yang tidak cocok dengan orang bersangkutan. Alhasil cara yang bisa dilakukan adalah menyesuaikan olahraga dengan kemampuan diri sendiri.

“Anda harus berolahraga sesuai dengan tingkat kemampuan diri sendiri. Jika Anda berlatih, terus merasa sakit tandanya latihan itu belum cocok untuk Anda. Namun bila usai olahraga tidak merasa apa-apa lantas besoknya merasa sakit dan pegal, itu tandanya olahraganya cocok tapi intensitasnya berlebihan,” kata dr. Michael.

Cara Usir Pegal-pegal Usai Olahraga
Mengutip Menshealth, ketika seseorang merasa pegal-pegal setelah olahraga, ada baiknya jangan memaksakan diri untuk memulai berolahraga kembali saat tubuh masih terasa pegal untuk mencegah risiko kerusakan otot. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memulihkan otot tanpa harus merusak rutinitas olahraga yang mulai dibangun.

Minum Jus 
Pakar diet olahraga Natalie Rizzo mengatakan buah cery tart montmorency mengandung antioksidan yang tinggi, termasuk flavonoid dan antosianin. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus. Mengonsumsi buah ini akan mengarasi rasa sakit dan kelemahan otot setelah melakukan olahraga kekuatan yang intensif.

Buah ini merupakan jenis ceri asam yang tumbuh di Kanada, Prancis dan Amerika. "Riset lain menunjukkan12 ons jus ceri tart dapat meminimalisir gejala kerusakan otot akibat olahraga kekuatan intensif," kata Rizzo. 

Buah tersebut mungkin sulit dicari di Indonesia. Sebagai alternatif, Anda bisa mengantinya dengan jus semangka. Selain memiliki rasa yang nikmat, jus semangka mengansung elektrolit yang sangat baik dikonsumsi setelah berolahraga.

Pisang 
Menurut rizzo, mengonsumsi pisang yang kaya akan kalium dapat melawan dehidrasi dan kram otot saat berolahraga. Pisang juga kaya akan kandungan potasium. Namun, belum diketahui dengan pasti apakah potasium mampu mencegah nyeri otot. 

Kabar baiknya, potasium dapat mencegah dehidrasi usai olahraga yang dapat menyebabkan kram otot parah setelah berolahraga. Rizzo merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi pisang dalam ukuran sedang yang akan memberikan 400 miligram atau sekitar 11 persen nilai harian potasium.

Mandi dengan Air Panas dan Dingin 
Cara yang bagus untuk menenangkan otot yang sakit adalah mandi bergantian dengan air panas dan dingin. Cara ini bisa dengan mudah Anda lakukan di kamar mandi. 

Pakar kebugaran Dustin Raymer menyarakan Anda untuk mandi dengan air hangat selama 20 hingga 30 detik usai berolahraga. Setelah itu, Anda bisa membilas tubuh dengan air dingin selama 20 hingga 30 detik. "Cara ini ampuh untuk melawan ketegangan dan meningkatkan aliran darah," ucapnya.

Ia juga mengatakan melakukan hal ini selama 10 kali putaran sudah mampu membantu Anda mendapatkan manfaatnya. "Idealnya, air akan semakin panas dan lebih dingin ketika Anda sering melakukan ini," katanya.

Berendam di Air Garam 
Mandi dengan air panas setelah berolahraga membuat Anda merasa rileks. Rebecca Lee, juru rawat bersertifikat dari New York, mengatakan suhu panas dapat mengeluarkan racun dari permukaan kulit. Mandi akan meredakan sakit dan nyeri, meningkatkan sirkulasi, serta tubuh menjadi rikeks.

Rebecca menyarankan Anda untuk menambahkan garam epsom, garam laut atau garam himalaya , cuka sari apel dan minyak esensial ke dalam bak mandi. Garam epsom, khususnya, sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit. Manfaat tersebut terjadi karena kandungan magnesium di dalamnya. Magnesium merupakan zat alami yang mampu membuat otot rileks.

SHARE