Cara Hemat Kuota Internet Agar WFH Tetap Lancar - Male Indonesia
Cara Hemat Kuota Internet Agar WFH Tetap Lancar
MALE ID | Digital Life

Sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19, Sebagian perusahaan menerapkan work from home (WFH). Lembaga-lembaga pemerintah dan swasta juga banyak yang menerapkan WFH. Bila Anda melakukan WFH, tentu Anda akan membutuhkan koneksi internet di rumah.

Photo by nappy from Pexels

Bekerja dari rumah menjadikan banyak orang merasa terkurung di kediamannya masing-masing. Dilansir dari Pychology Today, hal ini tidak mustahil menyebabkan seseorang merasa terisolasi, bosan, khawatir berlebihan, hingga mengalami stres. 

Solusi sederhananya adalah dengan mencari hiburan yang paling mudah dijangkau di internet, baik itu dengan streaming video, film, maupun musik, berselancar di media sosial, hingga bermain gim melalui gawai pintar masing-masing.

Koneksi internet tersebut bisa saja melalui kabel atau tethering via ponsel. Mengutip dari berbagai sumber, untuk mencegah kuota internet Anda yang boros, setidaknya ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Pakai Wi-Fi
Bagi Anda yang tengah bekerja atau melakukan apapun di rumah, ada baiknya mengandalkan Wi-Fi daripada tethering melalui ponsel ke PC atau laptop Anda. Pasalnya dengan tethering kuota data Anda akan lebih cepat terkuras.

Batasi Streaming
Godaan untuk memutar video streaming saat kerja dan bekerja dari rumah pasti selalu ada. Layanan streaming sekarang ini sangat berlimpah, Anda dapat mengakses situs streaming YouTube atau layanan video lainnya.

Sayangnya dengan menggunakan aplikasi ini kuota internet Anda akan cepat habis. Tipsnya, coba download konten favorit Anda menggunakan Wi-Fi dan simpan pada penyimpanan di smartphone. Jika memori internal tidak mencukupi, gunakan microSD.

Hapus Aplikasi yang Banyak Konsumsi Data
Untuk melakukan ini caranya buka menu Pengaturan, lalu ke Penggunaan Data, Anda dapat melihat aplikasi mana yang paling banyak menggunakan data, baik di latar depan atau di latar belakang.

Tahan Bermain Game dan Media Sosial
Ketika bekerjaatau melakukan apapun dari rumah mungkin Anda kerap kali dilanda bosan. Lantas game online dan media sosial menjadi salah satu obat untuk mengatasi bosan. Untuk itu Anda harus menahan hasrat tersebut. Anda bisa menjadwalkan diri sendiri kapan saatnya bermain game atau media sosial.

Selain itu, cara paling ampuh lainnya yakni Anda dapat menggunakan game yang tidak memerlukan akses internet selama pemutaran. Begitu juga dengan aplikasi, banyak aplikasi menarik yang mampu digunakan secara offline.

SHARE