Begini Cara Agar Mobil Terhindar dari Karat - Male Indonesia
Begini Cara Agar Mobil Terhindar dari Karat
MALE ID | Sport & Hobby

Karat merupakan penyakit yang merepotkan jika sudah timbul. Bukan cuma merusak tampilan, konstruksi bodi mobil juga bisa jadi rusak karenanya. Karat merupakan hasil korosi, yaitu oksidasi suatu logam yang memiliki sifat merusak. 

Photo by Jeff Qian on Unsplash

Besi atau logam yang berkarat bersifat rapuh, mudah larut, dan bercampur dengan logam lain. Karat cepat menyebar jika tidak segera diatasi dan membuat kekuatan sasis menurun bila mengenai rangka mobil.

Menyingkirkan bagian berkarat dan memberikan cat baru pada mobil sebaiknya dilakukan sesegera mungkin sebelum karat menyebar lebih luas. Lalu, bagaimana cara mencegah karat mobil atau menghilangkan karat mobil yang baik dan benar? Mengutip dari berbagai sumber, lakukan cara berikut ini.

Cuci Mobil Secara Rutin
Untuk yang tinggal di daerah perkotaan, mencuci mobil bukanlah perkara mudah. Anda bisa menyiasatinya dengan menyambangi tempat cuci mobil. Pastikan petugas membersihkan seluruh area mobil, terutama bagian kolong yang paling rawan karat.

Bagi Anda yang senang mencuci mobil sendiri, hindari mencuci di bawah terik matahari atau di bawah pohon. Gunakan alat yang sesuai dan jangan paksakan memakai air tanah yang kurang layak. Pastikan seluruh bagian mobil kering sempurna dan lakukan inspeksi bodi mobil dari potensi karat, ditandai oleh noktah berwarna merah di permukaan logam yang mengelupas saat dikerok.

Berikan Pelumas di Beberapa Bagian
Bagian engsel mobil seringkali menimbulkan karatan karena daerahnya sangat tersembunyi dan jarang diperhatikan. Namun Sahabat tidak perlu khawatir hal tersebut terjadi lagi jika selalu mengoleskan oli pada bagian engsel untuk mencegahnya.

Campurkan Cuka
Bahan dan alat yang digunakan untuk menghilangkan karat mobil menggunakan cuka adalah air, sikat, lap khusus, dan pastinya cuka. Jangan lupa untuk mencampur cuka dengan air agar encer terlebih dahulu. Kandungan asam sitrat atau asam asetat pada cuka punya efek ampuh untuk menyingkirkan karat.

Cuci Mobil Setelah Hujan
Air hujan sendiri memang cepat dapat menimbulkan karatan bagian mobil. Jika Sahabat menggunakan mobil saat hujan, alangkah baiknya segera untuk mencucinya agar terhindar dari karat.

Tak peduli mobilnya merk apa dengan harga berapa, karat bisa jadi masalah yang sangat serius. Bukan hanya berpengaruh pada penampilan, karat juga bisa menyerang komponen kendaraan yang mengakibatkan terganggunya fungsi komponen tersebut. 

Oleh karena itu sebelum semuanya terjadi, karat harus segera dihilangkan. Berikut alat sederhana untuk menghilangkan karat mobil yang bisa didapatkan dengan mudah. 

SHARE