Beda Bahan Jam Tangan, Beda Cara Mencucinya - Male Indonesia
Beda Bahan Jam Tangan, Beda Cara Mencucinya
MALE ID | Looks

Praktek pembersihan jam tangan sebenarnya sangat dianjurkan dan perlu dilakukan secara berkala apalagi saat kondisi pandemi virus Covid-19 seperti sekarang ini. Selain itu, bagi para watch enthusiast membersihkan jam tangan adalah hal wajib untuk menjaga koleksi jam tangan tetap prima dan terjaga keawetannya.

Photo by Anders Kristensen from Pexels

Menurut watchmaker dari Stoll & Co, cara membersihkan jam tangan cukup mudah dan bisa dilakukan di rumah. Akan tetapi, setiap jam tangan mulai dari model ataupun bahannya, perlu langkah perawatan yang berbeda. Maka itu, berikut adalah cara membersihkan dan merawat jam tangan sesuai materialnya.

Jam Tangan Karet atau Plastik
Untuk jenis jam tangan ini, cara membersihkannya cukup mudah. Anda hanya perlu membersihkan jam tangan menggunakan sabun sembari disikat menggunakan sikat kecil atau sikat gigi bekas. Pilih sikat gigi dengan bulu kecil yang halus lalu bersihkan noda atau sisa-sisa keringat yang menempel. Niscaya jam tangan Anda akan kembali bersih seperti baru dan terhindar dari bau apek atau tidak sedap. 

Jam Tangan Tali Kanvas
Cara membersihkan jam tangan bertali kanvas tidak jauh berbeda dengan cara membersihkan jam tangan bertali plastik atau karet. Bedanya, kalau jam tangan bertali karet bisa dengan mudah Anda lap, dalam membersihkan jam tangan bertali kanvas Anda harus benar-benar memastikan tali jam tangan sudah kering supaya tidak berjamur dan menimbulkan bau tak sedap. Opsi yang bisa Anda lakukan adalah mengeringkan jam tangan di bawah sinar matahari. 

Jam Tangan Stainless Steel
Jika memungkinkan, lepas terlebih dahulu rantai jam tangan stainless steel saat ingin membersihkannya. Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu kalau model jam tangan Anda bersifat water resistant atau tahan air. 

Celupkan rantai stainless steel tersebut ke dalam larutan sabun cuci piring cair bercampur air hangat. Sikat secara ringan memakai sikat gigi bekas jika rantainya benar-benar kotor. Bilas dengan air bersih dan keringkan menggunakan handuk lembut.

Akan tetapi, untuk jenis bahan seperti Stainless Steel ini, tidak bisa asal. perlu penanganan khusus, misal dengan sikat yang lembut untuk mengangkat kotoran di sela-sela rantai.

SHARE