Perhatikan Hal Ini Sebelum Mengunduh Game - Male Indonesia
Perhatikan Hal Ini Sebelum Mengunduh Game
MALE ID | Digital Life

Banyak sekali  game gratis bertebaran di internet. Namun pada dasarnya, pemain tidak dianjurkan untuk mengunduh segala sesuatu yang ditemukan secara gratis atau membuka tautan yang menjanjikan barang gratis.

Male IndonesiaPhoto by Mika Baumeister on Unsplash

Sesuatu yang terlihat gratis tetap dapat merugikan pengguna dalam berbagai cara. Kaspersky, melalui siaran pers beberapa waktu lalu, membagikan beberapa tips tentang cara memilih game secara aman.

Unduh Game dari Sumber Terpercaya 
Saat ini, semakin banyak platform game muncul setiap tahunnya. Banyak para pengembang independen ingin menjual game langsung di situs mereka sendiri untuk menghindari pembayaran komisi penjualan ke toko.

Oleh karena itu, beberapa gamer berpikir tidak ada salahnya mengunduh game langsung dari situs web acak, bahkan jika mereka belum pernah mengunjunginya. Dalam situasi seperti inilah yang dieksploitasi oleh para scammers di internet melalui situs pishing dan distribusi malware. Jangan pernah mengunduh sesuatu dari situs yang tidak dikenal dan jangan pernah mengklik tautan dari orang asing.

Masukkan Alamat Toko Game Secara Manual pada Browser
Berhati-hatilah sebelum memasukkan nama pengguna dan kata sandi halaman apa pun yang dibuka dengan tautan. Situs tersebut mungkin saja palsu, kemudian di-hosting di alamat yang sangat mirip dengan toko asli.

Para peretas ini ingin mengumpulkan informasi login dan membajak akun pemain. Cara terbaik adalah menggunakan klien resmi toko game atau memasukkan URL di bilah alamat browser secara manual.

Hanya Mencari Game dari Pengembang dan Penerbit Terverifikasi Studio kecil dapat merilis sebuah game yang tren secara global, sehingga para pemain dapat tertarik pada pengembang baru. Pelaku kejahatan siber yang menyamarkan malware di tempat pengembang baru ingin memanfaatkan kesempatan ini.

Oleh karena itu, sebelum mengunduh apa pun, carilah informasi tentang proyek tersebut di internet terlebih dulu. Jika pengembang mengalami masalah keamanan, kemungkinan besar pemain akan menemukan berita terkait di media game dan forum.

Membaca Ulasan Pemain Lain 
Pastikan untuk membaca ulasan sebelum meng-install game. Jika sebuah game mendapatkan banyak kritik, itu menjadi tanda bagi pemain untuk tidak melanjutkannya.

Jangan Matikan Proteksi dan Perlindungan
Beberapa gamer menonaktifkan perlindungannya, karena menurut mereka hal itu akan membantu memaksimalkan performa game. Kenyataannya itu merupakan ide yang buruk, terutama karena saat menonaktifkan solusi antivirus, perlindungan bawaan Windows akan bekerja dan akan menghabiskan sebagian sumber daya komputer pemain.

SHARE