Pembuka Obrolan dengan Orang yang Anda Suka - Male Indonesia
Pembuka Obrolan dengan Orang yang Anda Suka
MALE ID | Relationships

Terkadang kita agak sulit memulai percakapan dengan orang yang baru kita kenal. Apalagi jika orang tersebut membuat Anda tertarik ingin mengenalnya lebih dekat. Ketika Anda hendak berkomunikasi dengannya, kadang ada rasa malu dan grogi dalam diri Anda.   

Male IndonesiaPhoto:pexels.com

Saran dari ahli perilaku, saat Anda ingin menyapa seseorang, awali dengan senyuman. “Senyuman akan melucuti egoistis, meningkatkan kesukaan orang pada Anda, dan meningkatkan peluang percakapan positif sebelum Anda mengucapkan sepatah kata pun,” kata Wendy Patrick, seorang ahli perilaku, dilansir dari readersdigest canada.

Berikut ini beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk memulai obrolan dengan orang yang baru dikenal atau yang sudah Anda kenal dan Anda menyukainya namun Anda bingung mengawali percakapan dengannya.

Pertanyaan Bantuan ringan

Kalimat pertanyaan bahwa Anda memerlukan informasi atau bantuan ringan adalah pembuka percakapan yang bagus untuk Anda katakan kepada seseorang. Hal itu akan membentuk ikatan alami. Misalnya, jika Anda berada di toko bahan makanan, tanyakan “Tahukah Anda bagaimana cara mengetahui apakah buah ini sudah matang?”

Mintalah pendapat jujur mereka atas pertanyaan Anda tersebut. Ini akan membuat Anda terlihat terbuka untuk belajar lebih banyak dan akan membantu percakapan mengalir secara alami.

“Hal itu menunjukkan ketertarikan Anda pada orang lain dan meminta informasi untuk didiskusikan. Hampir semua orang ingin berbagi pendapat mereka dengan orang yang tertarik pada sesuatu. Mungkin mereka akan berpikir bahwa Anda juga menyenangkan,” kata Melissa Orlov, ahli terapis.

Puji Sesuatu Selain Penampilan

“Daripada memuji sesuatu yang umum seperti mata mereka, senyum mereka, coba Anda katakan sesuatu terkait kepribadian mereka, seperti dompet atau buku. Ini sederhana, elegan, dan bagus jika Anda tertarik pada seseorang atau kapan pun Anda ingin meningkatkan kesukaan mereka terhadap Anda karena alasan bisnis atau sosial,”  kata Paul DePompo PsyD ABPP, seorang ahli psikolog.

 
 

Hal itu juga menunjukkan bahwa Anda memperhatikan orang itu dan Anda tertarik untuk mengenal lebih dekat. Namun jika dia kurang merespon atau mengacuhkan pujian Anda, maka jangan Anda lanjutkan komunikasi dengannya, karena dia tak tertarik pada Anda.

Ceritakan Lelucon

Lelucon bekerja dengan baik pada tingkat biologis seseorang. Jika seorang wanita menertawakan lelucon seorang pria, dia merasa yakin bahwa dia memiliki tingkat kenyamanan dengan pria itu. Tertawanya melepaskan oksitosin (hormon dalam sistem reproduksi wanita).

Anda bisa mulai dengan cerita lelucon yang sangat bodoh. “Cara favorit saya untuk memulai percakapan adalah dengan mengatakan, 'Oke, saya punya lelucon bodoh, bukan lelucon yang bagus, hanya lelucon bodoh untuk Anda.' Orang biasanya lebih mudah menerima lelucon bodoh dan  kita tidak memerlukan banyak usaha dan tidak perlu khawatir tidak mendapatkannya,” kata Etheridge, pakar kencan dan hubungan.

Tunjukkan Minat yang Sama

Banyak orang mengira, mereka tidak memiliki kesamaan dengan orang asing. Tetapi saat seseorang berada di supermarket, restoran, atau bar, mereka ada di sana karena suatu alasan yang mungkin mirip dengan Anda. Anda dan mereka ada di sana, berarti mungkin memiliki minat yang sama.

“Anda bisa mulai percakapan dengan mengajukan pertanyaan kepadanya. Misalnya, tanyakan pengalaman dia di tempat itu atau mengapa dia memilih tempat tersebut,” kata Shannon Battle, konselor profesional berlisensi

SHARE