Supercar Kelas Pemula, Portofino - Male Indonesia
Supercar Kelas Pemula, Portofino
MALE ID | Sport & Hobby

Pecinta mobil, tahukah Anda pabrikan Ferrari memiliki varian produk terbaru bernama Ferrari Portofino? Bila belum, maka tidak ada salahnya Anda membaca artikel ini demi menambah wawasan Anda. Mobil ini diluncurkan oleh pabrikan asal Italia, Ferrari dan diperkenalkan di ajang Frankfurt Motor Show, Jerman pada 13 September 2017.

ferrari portofino

Alexander-93

Namanya sendiri diambil dari sebuah kota kecil di Italia yang terkenal akan sisi elegan dan eksklusivitasnya, Portofino. Memang, Ferrari kerap menamai mobil yang mereka luncurkan dengan nama lokasi atau sebuah daerah. Salah satunya tipe California, Ferrari ‘murah’ pertama yang mereka luncurkan pada 2008 lalu.

Ferrari Portofino seolah berhasil memuaskan dahaga para penggila kecepatan di era milenial, yang ingin merasakan sensasi mengendarai mobil elegan besutan pabrikan berlogo kuda negeri pizza namun dengan harga lebih merakyat. Sebelum Anda bermimpi membeli supercar kelas wahid seperti LaFerrari, disarankan Anda mencoba mobil ‘murah’ ini terlebih dahulu.

Tapi tunggu dulu. Meski harganya terbilang murah, kualitas Ferrari Portofino sama sekali tidak bisa diremehkan. Mobil ini memiliki desain bodi serupa dengan tipe California T, dengan sedikit polesan yang membuatnya semakin terkesan mewah. Lampu depan diubah ke posisi horisontal, sehingga lebih gagah dan agresif.

Menilik sektor interiordashboard mobil mirip tipe California. Walau ada sedikit desain berbeda di beberapa bagian, seperti saluran pemanas, ventilasi dan pendingin udara yang dibuat lebih kecil. Dua kursi depan bisa diatur sebanyak 18 cara, agar kenyamanan pengemudi dan penumpang terjamin. Sementara atapnya bertipe hardtop convertible (bisa dilipat).

Dari sektor dapur pacu, Portofino menggunakan mesin berkubikasi 3.900cc delapan silinder (V8) twin-turbocharged yang sama persis seperti pendahulunya tersebut. Torsi maksimal meningkat 760,6 Nm @ 5.250 rpm dan puncak tenaga yang dihasilkan menjadi 591 hp @ 7.500 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang (rear wheel drive) melalui transmisi 7 percepatan.

Ferrari Portofino diklaim mampu menempuh kecepatan 100 km/jam dalam waktu 3,5 detik dan mencapai 200 km/jam dalam waktu 10,8 detik. Kecepatan maksimalnya adalah 320 km/jam dengan konsumsi bahan bakar yang tergolong irit untuk sekelassupercar, 10,7 liter per 100 km. Tidak buruk untuk mobil kelas pemula, kan?**GP

SHARE