Perilaku Makan Unik di Berbagai Belahan Dunia - Male Indonesia
Perilaku Makan Unik di Berbagai Belahan Dunia
MALE ID | Relax

Setiap negara tentu mempunyai aturan dan etika masing-masing khususnya aturan mengenai makan, dan rupanya terdapat aturan makan aneh di beberapa negara. Benarkah demikian?

Male IndonesiaPhoto by The Creative Exchange on Unsplash

Tepat. Bahkan aturan tersebut terdengar tidak masuk akal bagi masyarakat kita, bila boleh dibilang begitu. Karena di Indonesia, sejumlah aturan makan di berbagai penjuru dunia dalam pembahasan kali ini ada yang dianggap positif, dan tak sedikit pula yang dipandang kurang beradab.

Apabila Anda sedang merencanakan berlibur ke luar negeri, ada baiknya mempelajari bagaimana tata cara makan di tempat yang Anda tuju nantinya. Pasalnya, table manners menunjukkan bahwa kita punya rasa hormat kepada sang tuan rumah yang menyediakan makanan.

Berbeda dengan Indonesia, inilah berbagai aturan makan aneh dari berbagai penjuru muka bumi.

Dilarang Memasukkan Garpu ke Mulut (Thailand)
Makanan Thailand sudah tak perlu diragukan lagi kelezatannya. Salah satunya adalah olahan mie. Tapi ingat, jangan sembarangan makan. Karena Negeri Gajah Putih juga mempunyai tradisi atau aturan makan yang wajib ditaati. Apa itu? Anda dilarang memasukkan garpu ke dalam mulut. Penggunaan garpu hanya membantu menahan makanan di piring.

Dilarang Berterima Kasih (India)
Aturan satu ini memang terdengar aneh, karena di negara lain mengucapkan terima kasih kepada orang yang memberikan hidangan lezat dianggap sebagai bentuk kesopanan. Beda halnya dengan India. Berterima kasih sama saja Anda menghina si pemberi makan.

Wajib Menyisakan Makanan (Cina)
Di Indonesia, setiap dari kita tentu wajib menghabiskan makanan karena menjadi bentuk rasa syukur telah dikaruniai hidangan lezat. Sayangnya aturan tersebut tak berlaku di Cina. Bila Anda menghabiskan makanan sampai bersih, hal itu merupakan penghinaan besar terhadap si juru masak yang terkesan tidak memberikan makanan dalam jumlah cukup kepada Anda.

Menyesap Makanan untuk Menghargai Koki (Jepang dan Korea)
Jika Anda sedang makan sup atau mie di Jepang dan Korea, tunjukkan bahwa Anda betul menikmatinya dengan menyesap makanannya. Cara ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan kepada koki yang memasak. Menyesap lebih keras justru semakin baik. Coba bayangkan jika Anda melakukannya di Indonesia.

Dilarang Menyentuh Makanan dengan Tangan (Brasil dan Cile)
Di Brasil dan Cile, menyentuh makanan langsung dengan tangan dianggap tidak sopan. Warga di kedua negara tersebut biasa makan menggunakan garpu dan pisau, termasuk burger, pizza bahkan kentang goreng sekalipun. Justru di negeri kita, makan menggunakan tangan jauh lebih nikmat, kan?

Itulah beberapa negara yang memiliki aturan makan aneh di dunia. Kalau Anda sedang berlibur di sana, jangan sampai mengabaikan aturan-aturan di atas agar Anda tidak mendapat tanggapan kurang menyenangkan oleh warga setempat.

SHARE