Perbedaan Work From Home dan Full Remote Work - Male Indonesia
Perbedaan Work From Home dan Full Remote Work
MALE ID | Works

Perbedaan Work From Home dan full remote work – Setelah pandemi Covid-19 muncul, berbagai macam aspek dalam kehidupan masyarakat di berbagai belahan dunia ini menjadi berubah. Saat ini banyak aktivitas yang dilakukan di rumah saja seperti bekerja maupun proses belajar mengajar. Agar proses bekerja ini bisa berjalan meski sedang pandemi, muncul istilah berupa WFH atau Work From Home. Namun saat ini sudah ada beberapa perusahaan yang tertarik dengan full remote work atau FRW. Kedua konsep ini mungkin berbeda namun belum banyak yang mengetahuinya. Agar lebih mengenal tentang WFH dan FRW, simak beberapa perbedaan Work From Home dan full remote work berikut ini:

male IndonesiaPhoto by manny PANTOJA on Unsplash

Pola Pikir

Perbedaan work from home dan full remote work yang pertama adalah pola pikirnya. Jika konsep WFH ini memungkinkan pekerja untuk memiliki pola pikir yang orientasinya pada offline sehingga pekerja bisa membawa budaya kerja di kantor rumah. Sementara itu full remote work adalah pola pikir yang mana orientasinya pada online sehingga pekerjaan tidak terbatas pada waktu dan juga tempat Anda.

Baik WFH maupun full remote work memerlukan ruangan kerja nyaman untuk meningkatkan produktivitasnya dalam bekerja. Dalam ruangan bekerja tersebut ada meja kantor, kursi kantor, almari, dan beberapa furniture yang lainnya. Tidak hanya itu saja penting bagi Anda untuk menyesuaikan harga meja kantor dan kursinya sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

Jam Kerja

Perbedaan Work From Home dan full remote work selanjutnya adalah jam kerja. Jangan pernah menganggap full remote work ini sebagai WFH karena memiliki jam kerja yang berbeda. Untuk WFH ini pekerjanya akan terikat dengan jam kantor hanya saja kegiatan bekerja ini dilakukan di dalam rumah. Sedangkan yang namanya full remote work ini jam kerjanya bisa disesuaikan dengan masing-masing pekerjanya selama hal itu disetujui oleh piak perusahaan terutama jika ada perbedaan zona waktu.

Untuk WFH ini ada rentang jam kerjanya yang mana disesuaikan dengan jam kerja perusahaan, sedangkan untuk full remote work ini tidak ada rentang jam kerja. Jam kerja fleksibel namun ada deadline dimana semua project harus terkumpul sebelum jam tersebut. Ada juga beberapa perusahan yang melakukan full remote work dengan jam kerja pagi dan sore dimana yang memilih jam kerja tersebut adalah pekerjanya sendiri.

Cara Komunikasi

Perbedaan Work From Home dan full remote work selanjutnya adalah cara komunikasi dan menjadi perbedaan yang menonjol. WFH ini menggunakan sistem atau cara berkomunikasi yang bertele-tele sering menggunakan serangkaian atau looping email. WFH juga ada kegiatan menelepon dan mengobrolkan kerjaan.  Sedangkan untuk remote working ini sudah terbagi di dalam beberapa task atau proyek di dalam platform dan semuanya tertulis. Pembicaraan mereka tidak akan bertele-tele karena semuanya suda tertulis di dalam konteks.

WFH ini juga sering mengadakan meeting dengan panggilan zoom atau video bahkan durasi meeting lebih lama karena banyak update dari masing-masing divisi yang harus dilaporkan. Khusus untuk full remote ini justru kebanyakan komunikasi secara tertulis berupa laporan perkembangan. Full remote work juga ada meeting hanya saja menggunakan aplikasi seperti Google Docs.

Psikologis

Konsep WFH ini disebut memberikan tekanan kepada para pekerja sedangkan full remote work ini cenderung terhindar dari stress karena pekerja bisa menyesuaikan waktu dan juga beban kerja sesuai kemampuan masing-masing. Meski begitu full remote work ini membuat kecakapan dan juga keterampilan antara pimpinan dan juga anak buahnya ini diuji sehingga memerlukan konsep yang mendetail supaya hasil kerjaan menjadi lebih maksimal.

Untuk meringankan beban psikologis yang terjadi saat WFH atau full remote work ini tidak ada salahnya jika di ruangan kerja Anda diberikan sebuah sofa bed yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Sesuai dengan namanya sofa bed ini multifungsi dimana bisa dijadikan sebagai tempat duduk dan tempat tidur. Saat Anda penat dengan pekerjaan Anda, silahkan merilekskan diri Anda di atas sofa bed tersebut. Untuk menemukan sofa bed yang kualitasnya terbaik, Anda bisa memilih jasa jual sofa bed yang terpercaya. Selain itu pilihlah yang menawarkan banyak varian model sehingga Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan

Untuk mendukung produktivitas saat WFH atau full remote work Anda bisa memulainya dengan menciptakan ruang kerja yang nyaman. Anda bisa mengakses Rupa-Rupa untuk mendapatkan berbagai macam furniture dan berbagai macam peralatan rumah tangga lainnya yang Anda butuhkan. Rupa-Rupa menjadi platform home living dan e-commerce terbaik nomor satu di Indonesia. Kelebihan berbelanja di platform ini adalah Anda akan menemukan berbagai macam barang yang lengkap, selain itu Anda juga akan mendapatkan harga dan juga penawaran spesial. Tidak hanya itu saja Anda juga akan mendapatkan diskon besar-besaran up to 70%,   bahkan Anda juga akan bisa mendapatkan cashback hingga 500 ribu rupiah. Semoga informasi tentang perbedaan Work From Home dan full remote work di atas bermanfaat untuk Anda dan jangan lupa untuk berbelanja di Rupa-Rupa sekarang juga.

SHARE