5 Pemikiran yang Bisa Melemahkan Karier Anda - Male Indonesia
5 Pemikiran yang Bisa Melemahkan Karier Anda
MALE ID | Works

Butuh perencanan yang baik untuk bisa mencapai tujuan karier tertentu. Karena memiliki jenjang karier yang baik butuh perjuangan. Namun, rintangan yang ada biasanya akibat dari ulah sendiri alias pemikiran Ana sendiri.

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Ketika rintangan itu datang dari diri sendiri, tentu Anda sebenarnya memiliki kekuatan untuk melawannya dan menjadi pemang. Sehingga Anda dapat berjalan dengan mulus pada tujuan karier Anda. 

Mengutip laman Recruiter, berikut ini pemikiran yang justru bisa membuat karier Anda lemah. Untuk itu, lawan dan bikin Anda menjadi pemenang untuk diri sendiri dalam menuju karier yang diinginkan.

1. Saya Hanya Dapat Menemukan Pekerjaan di Bidang yang Berhubungan dengan Gelar Saya
Laporan tahun 2019 dari firma analitik pasar tenaga kerja Emsi menemukan bahwa pendidikan sebenarnya tidak menentukan karier seseorang sebanyak yang orang itu kira. Faktanya, sebagian besar lulusan perguruan tinggi melanjutkan untuk bekerja di bidang yang hanya terkait erat dengan gelar mereka, jika ada.

Jika Anda memiliki pengalaman dan pengetahuan yang relevan, tunjukkan hal itu saat berkomunikasi dengan calon pemberi kerja. Dengan cara ini, kantor akan melihat Anda mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Bagi pencari kerja yang masih mempertanyakan apakah mereka memiliki latar belakang pendidikan yang tepat, Friedman mengatakan mengambil kelas pengembangan profesional adalah salah satu cara yang bagus untuk mempelajari keterampilan baru dan memasukkan beberapa kata kunci bernilai tinggi ke dalam resume Anda. 

2. Saya Terlalu Tua untuk Melakukan Perubahan Karier
Ini yang rumit. Sebuah studi AARP 2018 menemukan bahwa 61 persen pekerja berusia 45 tahun ke atas telah melihat diskriminasi usia di tempat kerja atau mengalaminya secara langsung.

"Jika Anda khawatir pemberi kerja mungkin mengira Anda kurang memiliki keterampilan teknologi untuk melakukan pekerjaan, pastikan untuk menyoroti keterampilan tersebut dan bahwa pengalaman Anda dengan program yang relevan direferensikan secara eksplisit," kata Friedman

Apa pun kekhawatiran Anda, pastikan nada, bahasa, dan tingkat energi dalam lamaran dan wawancara Anda sesuai dengan target pekerjaan. Satu catatan lain, pekerja yang lebih tua mungkin benar-benar memiliki keunggulan ketika harus masuk ke dunia konsultasi pada khususnya.

“Klien tidak peduli dengan usia Anda. Mereka peduli apakah Anda bisa menyelesaikan pekerjaan atau tidak, ”kata perekrut kawakan Abby Kohut. “Anda dapat melakukannya melalui perusahaan konsultan atau menjangkau orang-orang di jaringan Anda.”

3. Saya Tidak Memiliki Koneksi yang Tepat untuk Meningkatkan Karier Saya
Tidak peduli usia atau industri Anda, jaringan selalu penting. Namun, itu juga bisa sangat mengintimidasi. Menurut  tim peneliti  dari Harvard, University of Toronto, dan Northwestern University, lebih mudah untuk mengatasi keengganan berjejaring saat Anda melakukan tugas dengan fokus pada pembelajaran dan mencari minat yang sama dengan orang lain. 

Friedman menyarankan pemikiran pertama tentang organisasi dan institusi tempat Anda ingin mengembangkan koneksi. Kemudian, pikirkan tentang siapa yang sudah Anda kenal dan siapa yang mungkin mereka kenal. Jangan takut untuk sedikit menguntit LinkedIn!

Bergabung dengan organisasi profesional dan sosial yang relevan juga dapat membantu Anda mengembangkan koneksi secara organik, terutama jika Anda ingin pindah ke bidang baru di mana Anda tidak mengenal siapa pun.

4. Tidak Ada Yang Istimewa Tentang Saya
Ini adalah kepercayaan diri yang benar-benar bermuara untuk memiliki kualitas yang menjadi keunikan Anda, menurut Kohut. "Apa pun yang Anda anggap sebagai kelemahan terbesar Anda bisa menjadi kekuatan terbesar Anda jika Anda menjelaskannya kepada seseorang dengan benar," katanya.

Katakanlah Anda telah menjadi pekerja lepas selama beberapa tahun terakhir sehingga Anda dapat bekerja dari rumah sambil berwirausaha. Itu menunjukkan bahwa Anda dapat beradaptasi dengan perubahan dan mampu menangani banyak tuntutan sekaligus.

Jika Anda telah memperbaiki pekerjaan konsultasi sejak diberhentikan, Anda bukannya tidak bisa dipekerjakan, Anda ulet dan banyak akal. Semuanya tergantung cara Anda membingkai pengalaman Anda kepada pemberi kerja.

Dengan kata lain, hal-hal yang Anda takuti membuat Anda kurang diminati dibandingkan kandidat lain mungkin sebenarnya adalah kekuatan super yang membuat Anda dipekerjakan di pasar kerja yang padat. Saat mencari pekerjaan, lihat perusahaan yang nilai intinya selaras dengan nilai Anda.

5. Saya Tidak Akan Menemukan Peran yang Lebih Baik Karena Pasar Kerja Terlalu Kompetitif
Beberapa industri lebih kompetitif daripada yang lain, tetapi Kohut mengatakan kenyataannya adalah persaingan selalu gila. Terkadang hanya mengambil satu langkah kecil menuju pekerjaan yang Anda inginkan adalah langkah yang tepat.

Jika, misalnya, impian Anda adalah bekerja di pemasaran fesyen, bekerja di departemen layanan pelanggan merek fesyen mungkin bukan ide yang buruk. Anda akhirnya dapat beralih ke peran yang Anda inginkan, dengan asumsi Anda memperkuat resume Anda dengan keterampilan dan pelatihan yang relevan. 

Sekali lagi, kursus dan seminar pengembangan profesional adalah tempat yang bagus untuk dilihat. Intinya di sini adalah bahwa Anda memiliki kesempatan untuk melangkah maju saat persaingan ketat. 

SHARE