4 Cara Basmi Ketombe dengan Campuran Gula - Male Indonesia
4 Cara Basmi Ketombe dengan Campuran Gula
MALE ID | Looks

Pria merupakan salah satu faktor risiko terjadinya ketombe. Beberapa studi mengaitkan pria dengan angka kejadian ketombe yang lebih tinggi. Hal ini diduga karena faktor hormonal.

Photo by Sebastian Voortman from Pexels

Gejala dari ketombe sendiri sangat mudah dikenali, yaitu serpihan kulit kepala berwarna putih keabu-abuan atau kekuningan yang berminyak, tetapi tidak melekat erat di kulit kepala, sering ditemukan di permukaan kulit kepala, di antara rambut, maupun di bahu. 

Gejala umum lainnya adalah gatal, radang, dan rasa kering di kulit kepala. Bayangkan jika Anda mengalami ini di depan wanita. Tentu tidak sedap dipandang. Nah, mengutip laman Boldsky, ketombe bisa dihilangkan dengan membersihkan sel kulit mati pada kulit kepala secara rutin. Mungkin banyak yang belum tahu bahwa benda yang sering temukan di dapur, yaitu gula, bisa membantu mengatasi masalah ketombe.

Gula dan Sampo
Eksfoliasi kulit kepala sangat penting untuk menghilangkan sel kulit mati dan menjaga rambut tetap sehat. Metode yang satu ini sangat sederhana. Anda hanya memerlukan satu sendok makan gula untuk dicampurkan dengan sampo harian. Gunakan campuran ini untuk membersihkan rambut. Bilas seperti berkeramas biasa, Anda bisa mengulangi perawatan ini seminggu sekali untuk hasil yang maksimal.

Gula dan Lidah Buaya
Lidah buaya atau aloe vera dikenal sebagai tanaman penyembuh dan bisa membantu mengatasi masalah kulit kepala kering dan ketombe. Ambillah daun lidah buaya segar, potong durinya dari kedua sisi lalu kupas kulitnya. Ambil daging buahnya dan simpan salam mangkuk untuk dicampurkan dengan gula untuk membuat tekstur bubuk. Aplikasikan pada kulit kepala dan gosok lembut. Setelah 30 menit, bilas rambut. Tak hanya untuk ketombe, campuran ini juga bisa menyuburkan rambut. Lakukan perawatan ini setidaknya sekali setiap dua minggu.

Gula merah dan Minyak Zaitun
Jika Anda mengalami ketombe parah, mungkin Anda bisa mencoba campuran gula merah dan minyak zaitun. Hangatkan sekitar dua sendok makan minyak zaitun kemudian tambahkan dua sendok makan gula merah ke dalamnya. Aduk hingga rata. Biarkan campuran bahan tersebut hingga sama seperti suhu ruangan lalu pijatkan ke kulit kepala. Diamkan 30-45 menit sebelum membilasnya dengan air biasa.

Gula dan Essential Oil
Anda bisa membuat scrub jenis lain dengan mencampurkan gula dengan essential oil. Campuran ini juga membantu mengharumkan kulit kepala dan rambut. Campurkan 8-10 sendok makan gula, lima sendok makan minyak biji anggur, dan 3-4 tetes essential oil rosemary atau lemon. Campurkan semua bahan dan aplikasikan ke kulit kepala, lalu pijat lembut. Teruslah memijat selama beberapa menit dan biarkan selama satu jam. Bilas menggunakan air biasa. Lakukan perawatan ini sekali setiap 15 hari untuk hasil yang lebih baik dan lebih cepat.

SHARE