Sesuaikan Model Janggut dengan Bentuk Wajah - Male Indonesia
Sesuaikan Model Janggut dengan Bentuk Wajah
MALE ID | Looks

Jika Anda suka menumbuhkan janggut/jenggot, pastikan modelnya cocok dengan bentuk wajah Anda. Sama seperti tidak semua gaya rambut cocok untuk Anda, model janggut pun demikian agar penampilan wajah Anda terlihat keren dan menarik.

Male IndonesiaPhoto: Pexels.com

Selain memerlukan perawatan agar tumbuh dengan rapi, memelihara jenggot supaya terlihat bagus juga perlu disesuaikan dengan bentuk wajah. Sebelum membahas model janggut, ada beberapa bentuk wajah kaum pria pada umumnya.

Wajah oval yaitu panjang wajah lebih besar dari lebar tulang pipi, dahi lebih besar dari garis rahang, dan sudut rahang lebih membulat daripada tajam. Wajah persegi panjang adalah panjang wajah berukuran besar. Dahi, tulang pipi, dan garis rahang memiliki ukuran yang sama.

Wajah segitiga bentuk garis rahang berukuran lebih besar dari tulang pipi. Tulang pipi lebih besar dari dahi. Wajah bulat yaitu tulang pipi dan panjang wajah memiliki ukuran yang hampir sama. Keduanya lebih besar dari dahi dan garis rahang yang juga memiliki ukuran serupa. Sudut rahangnya lembut dan tidak terlalu tegas. Sedangkan wajah persegi adalah semua ukuran wajah hampir mirip, sudut rahang lebih tajam daripada bulat.

Lantas seperti apa model janggut yang serasi dengan masing-masing bentuk wajah tersebut? Berikut ini urainnya, dilansir dari dilansir dari fashionbeans.

Janggut Untuk Wajah Oval

Jika berwajah oval, Anda bisa menikmati berbagai gaya janggut yang tidak bisa dilakukan pria lain. Dengan fitur wajah persegi dan bulat, berarti Anda tidak perlu menyeimbangkan apa pun. Fokusnya adalah merawat janggut Anda tetap terlihat bagus.

Joe Mills dari Joe & Co Barbers di Soho, mengatakan, bentuk wajah oval akan terlihat keren dengan janggut berbentuk persegi di bagian rahang, dengan garis-garis bersih di pipi, pendek di samping dan dipotong di bawahnya.

Janggut untuk Wajah Persegi Panjang

Bentuk wajah persegi panjang, Anda perlu menyesuaikan janggut dengan gaya rambut. “Persegi panjang adalah bentuk wajah yang lebih panjang. Oleh karena itu, memiliki gaya jenggot panjang, segitiga atau runcing di dagu tidak akan membantu Anda,” kata Lilybelle Louis dari Pall Mall Barbers di Bishopsgate.

Memiliki pipi yang lebih penuh daripada janggut akan memberikan kesan rahang jadi lebih lebar. Agar terlihat menarik, tumbuhkan cambang agak lebar di bagian atas pipi. Ini akan membuat wajah Anda tidak terlihat terlalu memanjang.

 
 
Janggut untuk Wajah Segitiga

Dengan wajah segitiga, janggut yang tumbuh disesuaikan untuk menutupi dagu yang lebih menonjol. Caranya adalah janggut dirawat pendek. Akan lebih menarik jika ditambah kumis.

Hindari bulu tebal di pipi karena memberikan kesan garis rahang lebih lebar.

Janggut Untuk Wajah Bulat

Bentuk wajah bulat lebih mendapat manfaat gaya daripada bentuk segitiga. Model cambang yang lebih pendek di pipi dan lebih panjang ke arah dagu adalah tampilan yang bagus untuk wajah bulat. Jenggot (ditambah cambang di pipi) akan menciptakan kesan dagu yang lebih panjang dan menonjol.

Janggut untuk Wajah Persegi

Memanjangkan janggut untuk wajah persegi akan membantu mengurangi tampilan tulang rahang yang tebal dan lebar. Ujung bawah janggut bisa Anda pangkas dan bentuk sesuai keinginan apakah bulat melengkung atau segitiga. Namun janggut bentuk persegi dan tumbuh agak panjang dengan garis tajam di sudut siku-siku rahang tidak terlihat bagus untuk garis rahang yang lebar.(*)

SHARE