Sederet Kecelakan MotoGP yang Berakibat Fatal - Male Indonesia
Sederet Kecelakan MotoGP yang Berakibat Fatal
MALE ID | Sport & Hobby

MotoGP tidak hanya mengenai soal balapan. Sebuah kecelakaan saat balapan sering kali terjadi dan menjadi sebuah tontonan. Tetapi sebuah kecelakaan tentu bisa berakibat fatal. Bahkan tak jarang mengundang kematian yang membahayakan bagi pembalap itu sendiri.

Photo by Pixabay from Pexels

Insiden yang terjadi di lintasan balap MotoGP memang kerap terjadi. Bahkan sampai memakan korban jiwa. Dari sekian banyaknya insiden kecelakan, berikut ini lima kecelakaan fatal yang dialami pembalap MotoGP.

Michel Frutschi
Pembalap asal Swiss, Michel Frutschi mengalami kecelakaan fatal saat balapan di Sirkuit Le Mans pada 3 April 1983.  Mengendarai Honda RS500, dia mengalami insiden di tikungan pada putran kelima saat lomba 500 cc MotoGP Prancis. Saat itu, Frutshci berada di urutan ketujuh. Beberapa laporan menyebutkan ada hembusan angin kencan yang membuat Frutshci terjatuh. Namun, kesaksian pembalap yang persis berada di belakangnya, Guido Paci mengatakan, penyebab kecelakaan karena motornya tiba-tiba hilang kendali. Akhirnya, Frutschi tidak sadarkan diri. Dia sempat dilarikan ke rumah sakit, tapi nyawanya tak tertolong.

Ivan Palazzese
Insiden kecelakaan fatal juga dialami oleh pembalap Italia, Ivan Palazzese. Dia mengalami kecelakaan saat mengaspal di GP Hockenheim pada 1989. Insiden bermula dari persaingan Ivan dengan pembalap lain yakni Andreas Preining. Ketika Palazzese berusaha bangun, tiba-tiba ada pembalap lain yang menabraknya dengan kecepatan tinggi. Nyawa Palazzese pun tidak tertolong.

Dajiro Kato
Pembalap asal Jepang, Dajiro Kato juga masuk daftar pembalap yang mengalami kecelakaan fatal di lintasan. Kala itu, Kato balapan di Sirkuit Suzuka, MotoGP Jepang pada 6 April 2003. Motor RC211V yang dikendarainya menabrak dinding pembatas sirkuit dengan kecepatan lebih dari 200km/jam. Kecelakaan itu membuat motor hancur dan tubuh Kato tergeletak di samping motornya. Dia sempat dilarikan ke rumah sakit menggunakan helikopter. Namun, setelah dirawat selama dua minggu, Kato dinyatakan meninggal dunia oleh tim medis yang merawatnya.   

Shoya Tomizawa
MotoGP kembali kehilangan salah satu pembalap terbaiknya yakni Shoya Tomizawa saat balapan di San Marino 2010. Tomizawa jatuh di tikungan dan tidak bisa mengendalikan motornya. Tomizawa didiagnosis menderita trauma toraks dan perut. Tomizawa sempat dibawa ke rumah sakit terdekat, namun nyawanya tidak tertolong.

Marco Simoncelli
Pembalap Italia, Marco Simoncelli menjadi pembalap MotoGP terakhir yang meninggal di lintasan balap. Momen itu terjadi pada balapan di Sirkuit Sepang, Malaysia pada 23 Oktober 2011. Simoncelli terjatuh ketika sedang berbelok di tikungan ke-11. Dia sempat tertabrak oleh motor Edwards. Helm Simoncelli sempat terlepas dan membuatnya meninggal dunia.  Simoncelli dinyatakan meninggal dunia karena luka serius. Dia mengalami trauma serius di kepala, leher, dan dada. Simoncelli sempat diberikan perawatan selama 45 menit sebelum akhirnya meninggal.

SHARE