Pilihan Gaya Rambut untuk Rambut yang Menipis - Male Indonesia
Pilihan Gaya Rambut untuk Rambut yang Menipis
MALE ID | Looks

Rambut rontok terjadi pada pria di beberapa titik dalam siklus hidup mereka, terutama seiring bertambahnya usia. Mungkin mengkhawatirkan ketika seseorang mulai kehilangan rambut di usia dua puluhan, tetapi rambut rontok awal bukanlah hal yang aneh. 

Photo by Malcolm Lightbody on Unsplash

Sebagian besar faktor yang dapat menyebabkan penipisan rambut bersifat reversibel. Diagnosis dokter kulit dapat memungkinkan pengobatan, yang akan mencegah rambut menipis dan meningkatkan pertumbuhannya.

Istilah medis untuk rambut rontok permanen atau sementara adalah alopecia. Faktor yang menyebabkan kondisi ini antara lain, gangguan makan, penggunakan produk rambut yang berlebihan, faktor keturunan, hormon, dan lain sebagainya.

Saat Anda mengalami kerontokan rambut, pergi ke dokter kulit akan memungkinkan penentuan faktor penyebab rontoknya rambut Anda. Dokter kulit dapat memutuskan apakah penipisan itu reversibel atau tidak dengan melakukan biopsi pada kulit kepala, tes kadar zat besi, hitung darah lengkap (CBC), dan tes fungsi tiroid. Dokter kulit kemudian akan memberi nasihat tentang perawatan yang tepat.

Perawatan Rambut Rontok
Mengutip The Beardmag, penipisan rambut atau rontok rambut permanen atau tidak (alopecia), disebabkan oleh kelainan dan kondisi medis yang mendasari dapat disembuhkan dengan mengobati faktor yang mendasarinya. Misalnya, alopecia yang disebabkan oleh gangguan makan mungkin karena individu tersebut tidak mengonsumsi cukup protein dan karenanya menyebabkan kekurangan keratin, protein yang ditemukan di rambut. 

Kekurangan keratin akan menghambat pertumbuhan folikel rambut. Menyembuhkan gangguan tersebut dan makan makanan yang sehat dan seimbang juga akan mencegah kerontokan rambut lebih lanjut dan menstimulasi pertumbuhan kembali. Penyakit autoimun seperti lupus atau radang sendi menyebabkan tubuh memproduksi antibodi untuk melindungi tubuh, kecuali dalam kasus ini, perang melawan jaringan tubuh sendiri. 

Penyakit autoimun menghambat pertumbuhan rambutdengan mencegah fungsi tubuh normal. Oleh karena itu, memberikan pengobatan untuk penyakit autoimun apa pun dapat memiliki efek positif pada alopecia juga. Memilih produk perawatan rambut yang tepat dan menggunakannya secukupnya juga dapat memungkinkan pertumbuhan kembali.

Minoxidil
Minoksidil cocok untuk mengobati pola kebotakan. Obat ini pada awalnya diresepkan untuk mengobati tekanan darah tinggi sampai para peneliti menemukan bahwa obat ini memiliki efek samping dalam merangsang pertumbuhan rambut. Lotion minoksidil dioleskan ke kulit kepala dan akan meningkatkan aliran darah, yang akan meningkatkan nutrisi folikel rambut dan merangsang pertumbuhan. 

Namun, minoksidil tidak akan membantu jika rambut Anda menipis karena ketidakseimbangan hormon. Sayangnya, efek obat tersebut bersifat sementara, sehingga penipisan rambut akan berlanjut saat penggunaan dihentikan.

Transplantasi Rambut
Mekanisme yang digunakan dalam transplantasi rambut adalah pengambilan folikel rambut yang dipilih karena ketahanannya terhadap Dihydrotestosterone (DHT), yang biasanya menghambat pertumbuhan folikel rambut. 

Folikel rambut ditransplantasikan setelah kulit kepala yang sangat kecil dihilangkan di area yang botak, dan kemudian folikel didistribusikan secara merata di sepanjang kulit kepala. Bagaimanapun, transplantasi rambut adalah proses yang mahal dan menyakitkan. Ada juga risiko jaringan parut.

Finasteride
Finasteride menghambat enzim 5-alpha-reductase tipe II yang bertanggung jawab untuk meningkatkan dan merangsang produksi DHT. Saat kadar DHT berkurang, penghambatan pertumbuhan folikel rambut diminimalkan. Suplemen untuk finasterida adalah dutasteride, yang menghambat reduktase 5-alfa tipe II dan reduktase 5-alfa tipe I. Oleh karena itu, kadar DHT berkurang lebih rendah lagi. Namun, finasteride dan dutasteride hanya bekerja pada pria.

Terapi Laser Tingkat Rendah
Terapi laser tingkat rendah merangsang sel-sel epidermis di folikel rambut untuk memanjang, sehingga merangsang pertumbuhan melalui perawatan cahaya dan panas. Studi telah menemukan perawatan ini efektif untuk pria dan wanita.

Merangsang pertumbuhan rambut akan menjadi sulit jika perawatan terlambat dilakukan, karena kerusakan mungkin tidak dapat diperbaiki pada tahap tersebut. Kunjungan awal ke dokter kulit akan memungkinkan diagnosis dini. Ingat, alopecia bisa disembuhkan saat masih dalam tahap awal. Jangan menunggu sampai Anda botak.

SHARE