Berapa Kalori yang Anda Bakar Saat Bercinta? - Male Indonesia
Berapa Kalori yang Anda Bakar Saat Bercinta?
MALE ID | Sex & Health

Tahukah Anda berapa banyak kalori yang Anda bakar saat berhubungan seks? Beberapa data mengklaim bisa membakar 100 hingga 300 kalori per sesi bercinta. Tetapi penelitian lain menjawab itu sangat tergantung pada berbagai faktor, seperti berat badan dan seberapa kuat sesi bercinta Anda.

Male IndonesiaPhoto: Pexels.com

Misalnya, Anda dan pasangan baru saja menyelesaikan sesi seks penuh semangat. Anda panas dan berkeringat, Anda mungkin berpikir baru saja membakar kalori sebanyak yang Anda lakukan di gym. Ini belum tentu benar. Hal itu tergantung jenis seks yang dilakukan, seberapa aktif Anda selama itu, dan berapa lama Anda melakukannya. Jika Anda melakukannya selama beberapa jam, kemungkinan besar itu bukan hal bagus.

Para ilmuwan telah meneliti selama bertahun-tahun untuk mengetahui berapa berapa banyak lemak dibakar seseorang saat berhubungan seks. Dilansir dari menshealth, ilmuwan di University of Montreal mencoba menjawabnya dengan meminta 21 pasangan untuk memakai pelacak kebugaran SenseWear saat mereka bercinta. Pasangan tersebut juga berlari di atas treadmill selama 30 menit untuk membandingkan kegiatan seks mereka dengan olahraga sebenarnya.

Hasilnya menyimpulkan bahwa pria membakar 100 kalori selama sesi bercinta rata-rata, sementara wanita membakar sekitar 69 kalori. Para peneliti memperkirakan bahwa pria membakar sekitar 4,2 kalori per menit saat berhubungan seks, sementara wanita membakar 3,1 kalori.

“Pria mungkin lebih aktif secara fisik saat berhubungan seks sehingga menjelaskan mengapa mereka membakar lebih banyak kalori,” ungkap penulis studi, Antony Karelis kepada Time. Alasan utamanya, kata dia, pria memiliki berat badan lebih daripada wanita. Karena itulah pengeluaran energi lebih tinggi terjadi pada pria.

“Jumlah kalori yang dibakar pria saat berhubungan seks jauh lebih sedikit daripada jumlah kalori yang dibakar saat berolahraga. Para peneliti menyimpulkan bahwa aktivitas seksual dianggap sebagai latihan yang signifikan,” ujarnya.

Hasil penelitian itu juga didasarkan pada rata-rata waktu berhubungan seks yaitu sekitar 25 menit. Jadi peneliti mengasumsikan bahwa semakin lama sesi bercinta, semakin banyak kalori yang bisa dibakar. Jika Anda ingin cari tahu sendiri, hitung jumlah menit Anda berhubungan seks, kalikan dengan angka 4,2 kalori tersebut untuk mendapat perkiraan jumlah kalori yang Anda bakar.

Namun penelitian lain yang diterbitkan pada tahun 2013 menyimpulkan sebaliknya, bahwa seks sama sekali bukan olahraga. Diterbitkan di New England Journal of Medicine, makalah tersebut bertujuan untuk menyanggah mitos terkait penurunan berat badan bahwa seks dapat membakar antara 100 hingga 300 kalori.

Penelitian yang diterbitkan dalam JAMA Internal Medicine itu menyebutkan, para ilmuwan menemukan bahwa rata-rata pertarungan seks hanya berlangsung 6 menit. Angka ini tampaknya lebih sejalan dengan penelitian lain yang menunjukkan bahwa hubungan seks normal berlangsung antara 3-7 menit. Dengan angka ini, mereka menentukan bahwa pria dengan berat badan sekitar 70 kg, hanya membakar 21 kalori selama hubungan seksual biasa.

Penelitian juga mengungkapkan, selain meningkatkan mood, orang yang berhubungan seks setidaknya sekali seminggu terbukti mendapat manfaat pada immunoglobulin A yang lebih tinggi, yaitu antibodi yang melindungi Anda dari penyakit.

Seks yang sehat juga mengurangi risiko kanker pada pria. Penelitian di British Medical Journal menemukan bahwa pria yang berejakulasi setidaknya 21 kali per bulan lebih kecil kemungkinannya terkena kanker prostat daripada pria yang hanya ejakulasi 4-7 kali per bulan.

SHARE