Masalah Jerawat dan Pengobatan dengan Pasta Gigi - Male Indonesia
Masalah Jerawat dan Pengobatan dengan Pasta Gigi
MALE ID | Looks

Masalah jerawat memang tak hanya berlaku bagi kaum hawa, tetapi juga pada kaum adam. Banyak pemicu untuk timbulnya jerawat, bisa karena debu, makanan yang dikonsumsi tiap harinya, atau stres dalam pekerjaan. Ketika timbul jerawat, tentu penampilan pun tak bisa maksimal. 

Photo by cottonbro from Pexels

Selain penampilan kurang maksimal karena masalah jarawat. Bagi sebagian orang kadang jerawat pun dapat menurunkan rasa percaya diri mereka. Maka dari itu, ketika masalah jerawat timbul, tak sedikit orang cepat-cepat mengambil langkah untuk menghancurkannya denganc ara memijit paksa jerawat itu sendiri.

Selain itu, terkadang beberapa orang menyarankan menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan jerawat yang mengganggu penampilan. Akan tetapi, hal ini ternyata masih menjadi kontroversi. Sudah benarkah anjuran tersebut?

Direktur penelitian kosmetik dan klinis di bidang dermatologi RS Mt. Sinai New York, Zeichner, M.D mengakui trik tersebut memang umum dilakukan banyak orang. " Pasta gigi digunakan sebagai alternatif untuk mengobati jerawat karena mengandung triclosan. Triclosan adalah bahan antimikroba yang membantu membunuh bakteri penyebab jerawat pada kulit," kata Zeichner.

Masalahnya, triclosan adalah bahan yang kontroversial. Bahan ini sering dituding sebagai penyebab gangguan hormon dalam beberapa studi, menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat. Akibatnya, beberapa pasta gigi sudah tidak lagi menyertakan triclosan dalam kandungannya.

Meski begitu, pasta gigi masih bisa digunakan melenyapkan jerawat dalam kondisi darurat, kata Dr. Zeichner. Alasannya, kebanyakan pasta gigi mengandung zat pengering seperti baking soda dan alkohol. "Pasta gigi bisa mengeringkan jerawat, dan mengurangi kadar merah pada jerawat," tutur Zeichner.

Namun perlu diingat, konsentrasi zat yang diperuntukkan untuk gigi, lebih keras daripada yang bisa digunakan untuk kulit. "Karena itu, jika Anda memiliki obat lain untuk mengatasi jerawat, saya menyarankan agar menggunakan produk itu ketimbang pasta gigi," kata dia.

Tapi, jika Anda terpaksa memakai pasta gigi untuk membersihkan jerawat, pastikan pilih formula yang tidak mengandung pemutih, pencuci mulut (mouthwash), atau warna. Sebab, semua kandungan itu dapat menimbulkan iritasi kulit dan membuat jerawat lebih menyeramkan. Kesimpulannya, gunakan trik ini sebagai pilihan terakhir bila sudah tidak ada cara lain.

SHARE