Hiip Dapat Pendanaan untuk Ekspansi Kala Pandemi - Male Indonesia
Hiip Dapat Pendanaan untuk Ekspansi Kala Pandemi
MALE ID | Whats Up

Penerapan kebijakan physical distancing dan work from home di masa pandemi Covid-19 membawa banyak perubahan pada gaya hidup dan perekonomian secara luas. Tempat wisata ditutup, kantor-kantor dan transportasi publik dibatasi. 

Pada masa di mana pertemuan fisik menjadi sangat terbatas seperti saat ini, media sosial menjadi pusat aktivitas banyak orang. Hal ini menjadi berkah tersendiri bagi bisnis influencer marketing. Influencer dapat menghasilkan konten dan berinteraksi dengan followers-nya dari rumah saja. Hal ini tentu menguntungkan terutama di saat produksi foto dan video konten komersial sangat dibatasi namun tingkat konsumsi konten media sangat tinggi.

Di saat banyak industri mengalami kelesuan akibat pandemi, sejumlah sektor dapat bertahan bahkan justru mampu bertumbuh dengan adanya perubahan gaya hidup konsumen. Salah satunya ialah industri influencer marketing, yang mendapat kepercayaan berupa pendanaan dari investor untuk dapat bertumbuh.

Hiip (Pte Ltd), yang merupakan influencer platform yang berbasis di Singapura baru saja memperoleh pendanaan pada bridge round dari Vulpes Special Opportunities Fund. Dukungan finansial ini memungkinkan Hiip memanfaatkan kesempatan ekspansi bisnis yang muncul sebagai dampak COVID-19.

Hiip adalah influencer platform terdepan di Asia Tenggara dengan lebih dari 10.000 influencer dan tetap bertumbuh selama pandemi. "Pendapatan kami pada Juni 2020 meningkat dua kali lipat dibandingkan bulan yang sama di tahun sebelumnya" kata Phi Nguyen, CEO Hiip. 

“Bisnis kami di Vietnam, Indonesia dan Thailand telah pulih dengan cepat setelah mengalami sedikit penurunan akibat pandemi. Kami akan menggunakan dana ini untuk terus memperkuat posisi perusahaan melalui ekspansi di negara lainnya di kawasan Asia Tenggara,” tamahnya.

Field Pickering, Managing Partner dari Vulpes Special Opportunities Fund mengatakan, bahwa dana ini dibuat khusus untuk memanfaatkan peluang terkait virus. "Kami mengamati lanskap kompetitif untuk bisnis influencer di Asia Tenggara dan memutuskan bahwa Hiip berada pada posisi terbaik untuk pertumbuhan yang luar biasa saat perusahaan menapakkan jejaknya di seluruh Asia Tenggara,” kata Pickering.

Di Indonesia sendiri Hiip telah beroperasi sejak 2019, dan pada akhir semester pertama tahun ini Hiip Indonesia berhasil membukukan peningkatan pendapatan lebih dari 65% dibandingkan tahun sebelumnya.

SHARE