Alasan Bisnis Anda Harus Pakai Pembayaran Seluler - Male Indonesia
Alasan Bisnis Anda Harus Pakai Pembayaran Seluler
MALE ID | Works

Orang-orang menggunakan smartphone untuk menyelesaikan tugas sehari-hari termasuk membayar barang dan jasa. Itu sebabnya bisnis kecil didorong untuk merangkul pembayaran mobile sehingga pelanggan dapat membayar semudah mungkin.

Photo by Markus Winkler on Unsplash

Pembayaran seluler mencakup dompet ponsel dan transfer uang seluler, keduanya dilakukan melalui perangkat seluler Anda. Dengan bantuan pembayaran mobile, tidak perlu mencari-cari uang tunai, menulis cek atau menunggu faktur.

Selain itu, menurut Business Insider, penggunaan pembayaran seluler di kalangan milenium akan terus meningkat. Pada tahun 2025, 75 persen dari semua transaksi keuangan akan menjadi tanpa uang tunai. Sehingga dapat dipastikan bahwa waktu mencari dompet Anda tidak lagi ada karena semua pembayaran akan dimungkinkan dengan satu sentuhan. 

Jika angka itu belum meyakinkan Anda, berikut adalah empat alasan utama mengapa usaha kecil harus mengadopsi teknologi pembayaran seluler.

1. Paling Nyaman Bagi Pelanggan
Alasan pertama cukup jelas, pembayaran tanpa fisik adalah transaksi yang paling nyaman yang bisa diselesaikan jauh lebih cepat. Pembayaran seluler, kemudian, memungkinkan waktu tunggu lebih rendah, dan pada gilirannya, meningkatkan pengalaman pelanggan. 

Konsumen juga dapat mengakses lebih banyak akun tanpa perlu membawa dompet fisik dengan semua kartu dan uang tunai yang berbeda. Semua data yang diperlukan disimpan di perangkat seluler.

2. Lebih aman.
Pembayaran tanpa kontak diharapkan melampaui transaksi kartu kredit. Dengan demikian, sebagian besar penyedia layanan pembayaran seluler menyadari pentingnya memperkuat keamanan pembayaran tanpa kontak. Menggunakan dompet ponsel atau ewallet, lebih aman dan dapat diandalkan daripada menggunakan kartu pembayaran. 

Misalnya, Apple Pay menggunakan tokenization, metode yang ditujukan untuk mengenkripsi data pelanggan. Pengguna mengunduh aplikasi pembayaran seluler dan menambahkan informasi kartu kredit ke dalamnya. Akibatnya, nomor kartu nyata diganti dengan token, yang bukan nomor kartu nyata.

Token dilindungi dengan kata sandi atau ID Sentuh. Karena token bukan nomor kartu asli, token menjadi menganggur bagi hacker. Langkah-langkah ini meningkatkan tingkat keamanan dan mengurangi kemungkinan penipuan. Jika ponsel hilang atau dicuri, aktivitas pembayaran dapat dengan mudah dibekukan.

3. Pembukuan Lebih Mudah
Ketika Anda menjalankan bisnis, Anda memerlukan sistem akuntansi yang mudah yang memungkinkan Anda untuk menagih pelanggan, membayar tagihan, dan membagikan semua pembayaran Anda dengan akuntan. Memperkenalkan solusi pembayaran seluler dapat membantu bisnis mencapai manajemen arus kas yang lebih baik. 

Dengan bantuan pembayaran mobile, usaha kecil dapat mengurangi biaya seperti biaya bank dan biaya overhead dan dapat lebih baik mengevaluasi posisi arus kas mereka.

4. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan
Orang-orang siap menerima pembayaran seluler. Baik itu membeli pakaian atau membayar tagihan, orang lebih dari siap dan mau menerima metode pembayaran yang dapat membantu mereka menghindari waktu menunggu ketika membayar barang dan jasa. 

Dengan memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk membayar kapan saja, Anda tidak hanya memberikan solusi mudah tetapi pengalaman pembayaran.Seperti disebutkan, pembayaran seluler dapat mempercepat proses checkout, yang melampaui kemudahannya. 

Sebaliknya, ini berdampak pada seluruh pengalaman pelanggan. Misalnya, pengecer dapat meningkatkan nilainya selama liburan ketika semua orang berbelanja dan ada antrian panjang di toko lain.

SHARE