Empat Cara Menguji Kepekaan Wangi Parfum - Male Indonesia
Empat Cara Menguji Kepekaan Wangi Parfum
MALE ID | Looks

Ketika dihadapkan dengan sejumlah besar parfum atau wewangian yang tersedia, akan sangat sulit untuk memilih yang tepat untuk Anda. Ada begitu banyak yang akan dipilih dan itu bisa sangat sulit untuk menemukan yang sesuai dengan identitas pribadi Anda.

Photo by Trung Do Bao on Unsplash

Secara umum, jika Anda ke tokok parfum ternama, pasti Anda akan disodorkan kertas blotters. Karena memang sejauh ini blotters adalah alat paling sederhana dan paling umum untuk menguji wewangian. 

Alasannya menggunakan kertas blotters ini, karena blotters cukup bersih dari wewangian lain. Selain itu, blotters juga biasanya tersedia untuk digunakan secara bebas di sebagian besar toko parfum. Namun, mereka tidak selalu berkualitas baik.

 
 

Maka dari itu, mengutip laman Bespokeunit, ada beberapa cara untuk membantu Anda lebih peka terhadap wewangian yang ingin Anda uji. 

1. Hindari Mengenakan Parfum saat Menguji
Toko parfum sudah tercemar dengan semua wewangian yang berterbangan di dalam ruangannya. Namun, ini dapat dikendalikan dan biasanya pada jarak yang aman berkat pendingin udara.

Jika Anda menguji wewangian yang berbeda saat memakainya sendiri, keberadaannya yang tersisa akan berdampak buruk pada hasilnya. Ini terutama terjadi ketika melakukan tes parfum lewat kulit Anda.

2. Biji Kopi Menetralkan Bau
Mengapa ada biji kopi di toko parfum? Meskipun beberapa ilmuwan menentang teori ini, biji kopi telah terbukti berfungsi sebagai pembersih langit-langit penciuman.

Dalam makalah UC Berkeley 2006, dengan judul "Pengaruh Mencium Kopi pada Habitat Penciuman", Noam Sobel mempertahankan kopi sebagai pembersih langit-langit (penciuman) yang efektif. Aroma kopi menenangkan reseptor hidung yang memungkinkan intensitas bau tetap konsisten ketika mencicipi parfum.

Biji kopi dapat menetralkan sebagian besar bau yang menempel di lubang hidung tetapi kurang efektif dengan aroma khas oriental. Ini karena wewangian seperti itu mungkin mengandung catatan yang mirip dengan kopi, yang sebaliknya akan meningkatkan aroma.

3. Mengendus Syal Wol
Cara Lain selain mencium bau kopi, adalah dengan mengendus syal wol atau bahkan ketiak Anda sendiri. Alasannya, hal tersebut dapat mengatur ulang reseptor hidung Anda. Namun demikian, Anda mungkin terlihat agak konyol melakukan yang terakhir saat berada di toko.

4. Test Fragrances In The Morning
Indera penciuman Anda sering memuncak pada jam-jam pagi, yang berarti persepsi Anda tentang wewangian akan lebih tajam. Maka dari itu, ketika ingin menguji wewangian, waktu yang pas adalah di pagi hari.

Selain itu, di musim semi atau musim panas juga menjadi waktu yang tepat. Alasannya karena kadar air yang lebih tinggi di udara, reseptor hidung lebih disempurnakan. Anda mungkin memperhatikan bahwa indra penciuman Anda lebih baik selama musim semi dan musim panas.

SHARE