4 Cara Tingkatkan Dorongan Seks Secara Alami - Male Indonesia
4 Cara Tingkatkan Dorongan Seks Secara Alami
MALE ID | Sex & Health

Apakah Anda mendapati diri Anda terlalu sibuk, terlalu lelah, atau terlalu sibuk untuk berhubungan seks? Atau apakah libido Anda sepertinya tidak ada di sana seperti dulu?

Photo by We-Vibe WOW Tech on Unsplash

Testosteron tidak bertanggung jawab atas libido saja. Tetapi testosteron menjadi musuh terburuk Anda dalam hubungan seksual. Ada sindrom baru yang disebut Irritable Male Syndrome, atau IMS, yang disebabkan oleh kekurangan testosteron. 

Hal ini melampaui libido rendah, termasuk penarikan emosional, kurangnya motivasi, agresi, perubahan kepribadian, dan kecemasan. Ini juga dapat hadir sebagai perilaku yang merusak diri sendiri seperti perjudian, alkoholisme dan gila kerja.

Mengutip laman Mindbodygreen, testosteron rendah mempengaruhi setidaknya 13,8 juta pria, dengan jumlah yang signifikan adalah pria berusia matang. Jika Anda seorang pria yang mengalami gejala IMS, atau memperhatikan kenaikan berat badan, kelelahan, kehilangan otot, kebotakan, atau perubahan libido, lakukan tes ke kedokteran fungsional yang dapat membantu Anda mengatasi akar penyebab masalah.

Sementara penggantian hormon merupakan pilihan bagi sebagian orang, pria yang mengambil empat langkah berikut ini dapat merehabilitasi testosteron mereka dan dapat meningkatkan dorongan seks mereka.

1. Tetap Berpenampilan Rapi
Lemak perut dan obesitas adalah pembunuh testosteron. Satu studi menunjukkan bahwa remaja pria yang obesitas memiliki testosteron hingga 50% lebih sedikit daripada teman sebayanya yang tidak obesitas. 

Salah satu alasannya adalah sel-sel lemak mengandung lebih banyak aromatase, enzim yang mengubah testosteron menjadi estrogen. Sayangnya, obesitas dan testosteron rendah saling menguatkan, yang mengarah ke spiral kenaikan berat badan dan ketidakseimbangan hormon pada pria.

2. Tidur 8 Jam
Satu studi menunjukkan bahwa setelah hanya satu minggu hanya lima jam tidur setiap malam, kadar testosteron turun 10-15% . Meskipun bertahan hidup hanya dalam beberapa jam mungkin terdengar macho bagi sebagian orang, itu sebenarnya mengikis hormon pria Anda yang paling penting.

3. Hindari Racun yang Membahayakan Testis
Phthalates dan parabens dalam produk perawatan pribadi seperti lotion dan krim cukur, dan BPA dalam botol plastik dan pada tanda terima toko, adalah anti-androgen, yang berarti mereka mengganggu produksi dan fungsi beberapa hormon termasuk testosteron.

4. Bersantai
Stres adalah pendorong utama rendah testosteron. Pada akhirnya hormon adrenalin Anda, hormon tiroid dan hormon seks semuanya saling berhubungan. Fenomena yang didorong oleh stres yang disebut "kortisol" dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon di mana produksi testosteron menurun karena kortisol.

Jika Anda rileks dan bernapas, bermeditasi, melakukan yoga, atau meningkatkan sistem saraf parasimpatis Anda, bahkan hanya 10 menit sehari, Anda memberi kesempatan sistem hormon Anda untuk memulai kembali dan menyeimbangkan kembali, menurunkan kortisol, dan meningkatkan testosteron.

SHARE