Ternyata Ini Penyebab Awal Penuaan di Area Mata - Male Indonesia
Ternyata Ini Penyebab Awal Penuaan di Area Mata
MALE ID | Looks

Penuaan atau kerutan di area mata tentu akan jelas terlihat. Karena area ini menjadi fokus lawan bicara memperhatikan Anda. Maka dari itu pria juga jangan lewatkan tahapan perawatan kulit di sekitar mata karena tanda-tanda kerutan halus di wajah akan muncul pertama kali di area ini.

Photo by Alexander Krivitskiy on Unsplash

Berbeda dengan kulit di area wajah lainnya, kulit di sekitar mata sangat tipis. Dengan ketebalan hanya 0.5 mm, sepertiga dari ketebalan kulit wajah, kulit di area mata tidak hanya tipis tapi juga halus sehingga tanda penuaan lebih cepat terlihat.

“Kulit di area mata juga tidak mempunyai lemak di bawah kulit, dengan demikian area itu jadi jaringan longgar,” kata dr.Srie Prihianti, Sp.KK dalam acara digital press.

Perubahan yang terjadi di area mata dipengaruhi oleh banyak hal, misalnya saja faktor penuaan, jaringan kolagen, struktur tulang, dan bantalan lemak. Selain itu, otot di sekitar mata juga sangat dinamis. Dalam sehari, kelopak mata bisa berkedip lebih dari 10.000 kali. “Tentunya akan menyebabkan perubahan di area kulit,” kata Srie.

Selain kerutan halus, masalah yang sering timbul di sekitar mata adalah kulit kering, lingkaran hitam, perubahan tekstur kulit, kantung mata, serta peradangan. Meski faktor genetik dan penuaan yang memicu masalah kulit tidak bisa kita ubah, tetapi ada faktor lain yang bisa dicegah sehingga proses penuaan kulit area mata bisa diperlambat.

Caranya adalah dengan rutin merawat kulit di area ini sedini mungkin sebelum masalahnya timbul. “Kalau dulu konsep anti-aging adalah memperbaiki masalah. Nah, sekarang paradigmanya lebih ke arah pencegahan. Kita memperlambat penuaan dini dengan perawatan yang tepat,” papar Srie.

Srie memberikan beberapa tips untuk perawatan kulis dari penuaan khususnya di area mata. Menurutnya yang pertama adalah hidrasi atau meningkatkan kadar air di kulit dengan menggunakan pelembab yang sesuai dengan tipe kulit.

Kemudian selanjutnya mempertahankan dan meningkatkan produksi kolagen. “Kalau dimulai di usia muda, produksi kolagen bisa terjaga. Banyak bahan yang bisa membantu menajga kolagen di seputar mata contoh golongan peptide,” kata Srie.

Ketika, kata dia, pilih produk yang mengandung antioksidan, namun perlu yang lebih menyeluruh. “Jika hanya mengandung vitamin C saja, kerjanya akan sebentar. Harus dilengkapi agar hasilnya maksimal. Contohnya vitamin C berpasangan dengan vit E,” katanya.

Lalu perhatikan juga kandungan antiradang. Misalnya niacinamid yang sering juga dipakai utk antijerawat. “Terakhir, pastikan apakah skincare itu cocok untuk kulit sensitive, terutama seputar mata. Periksa ingredient yang aman,” katanya.

SHARE