Pilihan Profesi Keren Bekerja di Industri Game - Male Indonesia
Pilihan Profesi Keren Bekerja di Industri Game
MALE ID | Works

Bagi generasi milenial, berkarier di industri game merupakan impian yang menjanjikan. Padahal, jika mundur ke belakang, dunia game masih kalah dengan bidang-bidang lain. Orang hanya tertarik memainkannya saja. Mengapa sekarang game menjadi ladang untuk menghasilkan pundi-pundi?

Male IndonesiaPhoto by Florian Gagnepain on Unsplash

Hal itu bukannya tanpa alasan. Karena sejak beberapa tahun terakhir, industri video game terus berkembang pesat. Sehingga, pihak perusahaan game membutuhkan sumber daya manusia yang kompeten. Banyak orang kemudian mulai mencoba peruntungan, yakni berkarier di industri game.

Apabila Anda tertarik berkecimpung di dunia game, maka tidak ada salahnya mengikuti jejak mereka. Tentunya Anda wajib memiliki kemampuan cukup, bukan mengandalkan passion semata. Ini sejumlah profesi yang layak MALEnials pertimbangkan ketika hendak berkarier di industri game.

Professional Gamer
Menjadi seorang gamer profesional memerlukan latihan rutin dan berat, membuat pekerjaan Anda sepenuhnya hanya bermain. Ada kepuasan tersendiri ketika Anda memenangkan sebuah kompetisi e-sport. Bahkan, sebagai gamer, Anda bisa memperoleh penghasilan menjanjikan apabila sering memenangi kompetisi.

Game Tester
Jika sebelumnya Anda terus-menerus bermain game, maka game tester lebih kepada mencoba memainkan sembari mencari celah atau bug pada game yang sedang dikembangkan. Ketelitian sangat dibutuhkan, ditambah Anda harus sanggup menjelaskan permasalahan yang ditemukan kepada programmer untuk diperbaiki.

Game Designer
Sebagian pihak beranggapan, game designer berhubungan langsung dengan visual atau desain grafis suatu game. Pada kenyataannya, profesi ini bertanggung jawab atas jalan cerita permainan dan memastikan apakah nantinya para pemain dapat menikmatinya atau tidak. Tugasnya antara lain menggambarkan karakter, lingkungan, level permainan serta misi/quest. Semuanya dibuat dalam bentuk flowchart.

Video Game Artist
Setiap video game membutuhkan seniman berbakat agar bisa menghidupkan ide desainer serta menciptakan berbagai karakter yang mendukung game tersebut. Tugas video game artist adalah menghasilkan visual dalam game, baik itu 3D ataupun 2D. Jika kemampuan menggambar Anda terbilang mumpuni, Anda sangat cocok berkarier di industri game sebagai video game artist.

Game Programmer
Tanpa kehadiran game programmer, sebuah game hanya sebatas wacana saja tanpa bisa diwujudkan. Tugasnya yaitu memastikan bahwa karakter dapat dimainkan dan dikontrol dengan baik. Anda harus punya logika pemograman cukup baik serta kemampuan coding demi menjadi seorang programmer.

Game Journalist
Tertarik dunia game dan jurnalistik? Solusinya gampang kok, ambillah profesi yang satu ini. Game journalist meliputi pembuatan review dan berita terkait video game, mewawancarai para pelaku di industri game hingga menyajikan konten menarik.

Game Producer
Game producer bertanggung jawab atas berjalannya sebuah proyek game. Sederhananya, Anda akan sering berkomunikasi dengan publisher atau pihak yang terlibat dalam pengembangan. Di samping itu juga Anda mengurusi anggaran, manajemen proyek dan promosi game.

SHARE