Hindari Konsumsi Makanan yang Dihinggapi Lalat - Male Indonesia
Hindari Konsumsi Makanan yang Dihinggapi Lalat
MALE ID | Sex & Health

Kebanyakan orang mungkin sudah tahu dan mengerti bahwa lalat adalah pembawa penyakit. Namun, tetap saja ada yang cuek saja melahap makanan yang telah dihinggapi lalat tersebut. ada pula yang hanya membuang sebagian makanan yang telah dihinggapi lalat.

Photo: needpix.com

Perlu diketahui, meskipun banyak orang yang lebih jijik dengan kecoa, ternyata lalat justru lebih kotor ketimbang kecoa. Faktanya, 1 ekor lalat bisa membawa sekitar 300 lebih jenis virus, bakteri, dan parasit penyebab penyakit.

Kebanyakan bakteri dan kuman penyakit berada pada sayap dan kaki-kaki lalat. Jadi, hanya dengan hinggap barang 1-2 detik saja, makanan Anda sudah terkontaminasi kuman penyakit. Selain itu, mengutip laman Bright Side, banyak alasan mengapa Anda jangan memakan makanan yang telah dihinggapi lalat.

Lalat Dapat Muntah di Atas Makanan Anda
Lalat makan dengan mengisap cairan melalui mulutnya yang berbentuk tabung. Bentuk mulut ini membuat lalat harus mengubah makanan menjadi cairan agar dapat diserap. Untuk melakukan ini, lalat akan memuntahkan makanan yang dihinggapinya dengan air liur mereka sendiri, yang bisa mengandung apa pun yang mereka makan sebelumnya (misalnya, daging busuk atau kotoran).

Lalat Bisa Bertelur di Makanan Anda
Makanan yang dihinggapi lalat dapat berubah menjadi sarang yang sempurna untuk telur lalat. Dan setelah beberapa waktu berlalu, telur tersebut akan tumbuh menjadi bayi lalat kecil (belatung atau larva) yang benar-benar dapat meracuni Anda dengan bakteri. Jadi, ingat untuk menutupi makanan Anda jika Anda akan meninggalkannya untuk sementara waktu.

Kaki dan Sayap Lalat Dapat Mengontaminasi Makanan Anda
Tubuh lalat dipenuhi dengan bakteri, dengan jumlah mikroba tertinggi ditemukan di bagian luar tubuhnya. Menurut Nanyang Technological University, setiap langkah lalat akan meninggalkan ratusan bakteri di makanan yang dihinggapinya.

Lalat Dapat Membawa Lebih dari 60 Penyakit
Lalat rumah dapat menularkan setidaknya 65 penyakit berbeda kepada manusia hanya dengan merangkak melalui sampah dan makanan, termasuk disentri, diare, kolera, dan bahkan kusta. Dan bukan hanya manusia yang dapat menderita, lalat juga dapat menginfeksi hewan lain, seperti ayam atau babi.

SHARE