Ternyata Begini Mengetik Keyboard dengan Cepat - Male Indonesia
Ternyata Begini Mengetik Keyboard dengan Cepat
MALE ID | Digital Life

Mengetik menjadi salah satu pekerjaan yang paling sering dilakukan banyak orang. Teknik mengetik Anda yang lamban tentu akan menganggu waktu pekerjaan. Oleh karena itu, dibutuhkan teknik mengetik yang cepat, sehingga membantu aktivitas Anda menjadi lebih produktif.

Photo by Kaitlyn Baker on Unsplash

Tidak hanya dapat menjadi lebih produktif, mengetik lebih cepat juga bisa meningkatkan kinerja otak. Selain itu, mengutip Life hack, faktanya jika Anda mampu mengetik lebih cepat maka Anda akan menghemat 21 hari setiap tahunnya. Karena itu, dibutuhkannya melatih diri menggunakan keyboard hingga dapat menguasai teknik mengetik seperti juru ketik yang handal.

Mengetik di Meja, Jangan Dipankuan
Sebelum Anda dapat menguasai keyboard, Anda harus mulai dengan ruang kerja yang bersih, berventilasi baik, dan nyaman. Juga, untuk pengetikan yang optimal, Anda harus mengerjakannya di meja bukan di pangkuan Anda.

Memastikan Postur Tubuh
Pastikan postur Anda dalam posisi yang benar seperti duduk, punggung lurus, dan sedikit rentangkan kaki Anda di bagian dasar yang rata. Kemudian, pergelangan tangan Anda juga harus diposisikan sedemikian rupa sehingga jari-jari dapat menutupi keyboard.

Agar dapat melihat layar dengan benar Anda bisa miringkan kepala sedikit. Kursi yang Anda pakai juga harus disesuaikan hingga Anda dapat mendapatkan postur yang nyaman.

Jangan Membungkuk
Sangat penting untuk menjaga posisi ketika mengetik. Jika postur tubuh sudah baik maka Anda dapat menghindari sakit pada pergelangan tangan. Selain itu, jangan biarkan punggung dan bahu Anda membungkuk, pastikan agar tubuh Anda tetap tegak.

Biasakan Diri Anda dengan Keyboard
Anda bisa menghafalkan kunci letak QWERTY pada keyboard. Jadi, usahakan menghafal posisi tombol huruf, serta posisi tanda baca yang sering digunakan.

Latihan Menghafal Posisi Huruf
Untuk menguji apakah Anda sudah menghafal posisi huruf, Anda dapat memalingkan muka. Kemudian ucapkan tombol saat Anda menekannya dan lihat apakah Anda menekan huruf yang benar.

Tetap Mengetik Tanpa Melihat Tangan Anda
Inti dari teknik ini adalah untuk mencegah Anda melihat keyboard saat mengetik. Sehingga jari Anda dapat mempelajari dan terbiasa dengan kerja tombol. Mungkin akan terasa lamban di awal namun jika sering dilakukan maka Anda akan terbiasa.

Berlatih, Berlatih, dan Berlatih
Luangkan waktu setiap hari untuk berlatih dan menguasai akurasi dan kecepatan. Dengan latihan terus menerus Anda akan melihat perubahan kecepatan mengetik menjadi lebih baik.

Lihat Beberapa Game Online
Ada beberapa situs web yang dapat membantu Anda berlatih. Dengan menggunakan skor Anda dapat bersaing dengan orang lain juga. Inilah beberapa situs yang bisa Anda coba: Typing Club, The Typing Cat dan Typing.com.

Praktik Dikte
Jika Anda tidak tahu apa yang bisa Anda ketik, alternatif lain adalah mendengarkan sesuatu dan mencoba mengetik saat Anda mendengarkan kata-katanya. Tidak ada batasan hal-hal yang ingin Anda ketik, dengan begitu Anda bisa membuat proses latihan menjadi lebih menyenangkan.

Lakukan Pelatihan Formal Jika Diperlukan
Ada banyak kursus dan program yang dirancang khusus untuk meningkatkan kemampuan mengetik Anda, seperti Byte Back, Peter’s Online Typing Course Anda bisa mencobanya.

SHARE